Sukses Gelar TMMD ke-109, Dandim Abdya:  Kebahagiaan Rakyat Adalah Yang Utama

Sukses Gelar TMMD ke-109, Dandim Abdya:  Kebahagiaan Rakyat Adalah Yang Utama

Abdya - Dandim 0110/ Abdya Letkol Inf Arip Subagiyo mengaku senang dan merasa bangga pihkanya bisa berbuat banyak untuk masyarakat. Perubahan itu dari awalnya susah kini menjadi lancar.

Hal ini dikatakan Dandim saat menjawab pertanyaan wartawan terkait pelaksanaan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-109 yang baru saja usai digelar dengan sukses.

“Esensinya kebahagiaan rakyat merupakan yang terpenting dari tujuan TMMD itu sendiri, ” kata Dandim di Blangpidie, Selasa (27/10/2020).

Dandim menyebutkan, melalui berbagai program TNI termasuk salah satunya program TMMD ke-109 yang belum lama ini tuntas dikerjakan, dinilai mampu dan efektif meringankan beban masyarakat, terutama bagi masyarakat dari kalangan petani serta pekebun. Program TMMD yang mengambil lokasi di Desa Babah Lhueng Kecamatan Blangpidie memang telah rampung dikerjakan serta telah dimanfaatkan oleh masyarakat sekitar.

Dengan kegiatan sasaran fisik seperti pembukaan badan jalan sepanjang 2.500 meter dan  peningkatan badan jalan sepanjang 1.000 meter. Kemudian pembersihan badan jalan lama seluas 4 meter dengan panjang 3.000 meter, pemasangan armco sebanyak 3 titik, pembuatan tiga unit jembatan beton sekaligus pemasangan tanggul dari beronjong di kawasan Desa Babah Lhueng ke arah perkebunan masyarakat. Selain itu juga ada kegiatan non fisik, berupa penyuluhan bela negara, penyuluhan kesehatan (Covid-19 dan KB), penyuluhan narkoba,   penyuluhan kehutanan, penyemprotan disinfektan serta pembagian masker kepada masyarakat.

“Ragam kegiatan fisik dan non fisik itu telah memberikan banyak kebahagian bagi masyarakat. Namun yang lebih membahagiakan dan menenangkan hati kami adalah disaat bisa berbaur langsung dengan warga, bahu membahu, bersenda gurau termasuk melihat senyuman dari mereka. TNI dapat membuktikan bahwasanya TNI selalu berbuat yang terbaik bagi rakyatnya dan ikut serta dalam mensejahterakan masyarakat walaupun harus dengan bercucuran  keringat, ” ujarnya.

Ditambahkan, saat ini masyarakat telah dapat menikmati dan merasakan manfaat dari program TMMD yang baru saja selesai dilaksanakan yang dahulunya terkendala oleh insfratuktur jalan yang rusak, kecil dan curam dan kini telah lebih baik serta mudah dilalui, baik dengan berjalan kaki, maupun dengan menggunakan kendaraan.

Kehadiran insfrastruktur jalan yang memadai memang telah didambakan masyarakat sekitar. Terlebih masyarakat dalam desa tersebut termasuk di sejumlah desa lain mayoritas petani dan pekebun yang saban hari melintasi jalur tersebut.

“Saya secara pribadi dapat merasakan betul kebahagiaan yang dirasakan oleh masyarakat. Karena jalan yang setiap hari mereka lalui telah bagus dan sangat aman. Mereka tidak perlu lalgi mengkhawatirkan kondisi jalan saat membawa hasil panen, bahkan waktu yang ditempuh lebih cepat dari biasanya sebelum jalan ini dibangun, ” paparnya.

Suksesnya kegiatan TMMD itu tidak lepas juga dari peran serta pemerintah daerah, Polri dan masyarakat dalam membantu hingga pekerjaan yang dikerjakan dapat selesai dengan lancar dan tepat waktu. Dia berharap infrastruktur yang telah dibangun dapat membantu dan memudahkan masyarakat dalam melaksanakan aktivitas bertani dan berkebun.