Kodim Abdya Gelar Pembinaan RTRW Pertahanan Darat

Kodim Abdya Gelar Pembinaan RTRW Pertahanan Darat
Ket photo : Kasiter Rem 012/TU Mayor Arh Boy Iswarmen saat mengisi materi pembinaan RTRW Pertahanan Darat di ajala Makodim 0110/Abdya

Abdya | Kodim 0110/Abdya menggelar kegiatan Sosialisasi Pembinaan Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) Pertahanan Darat TA 2021, di aula Makodim setempat, Desa Keude Paya Kecamatan Blangpidie, Senin (20/9). 

Kegiatan pembinaan kali ini bertajuk, "Keterpaduan dan Keselarasan Pembinaan Tata Ruang Wilayah Pertahanan Darat Dengan Rencana Tata Ruang Wilayah Pemerintah Daerah Dapat Mewujudkan Binter TNI AD Yang Adaptif Serta Pertahanan Darat Yang Tangguh". 

Acara dilangsungkan dengan pedoman protokol kesehatan dipimpin Kasiter Rem 012/TU Mayor Arh Boy Iswarmen dihadiri para Perwira dan perwakilan Babinsa Kodim 0110/Abdya.

W.s Dandim 0110/Abdya Letkol Inf Achmad Hisom Baihaki melalui Perwira tertua Staf, Pasiintel Kapten Inf Fajar Setyawan dalam sambutannya mengatakan, dengan adanya pengembangan UU RI no 34 tahun 2004 tentang TNI, salah satu tugas TNI  ialah melaksanakan pemberdayaan wilayah pertahanan di darat untuk membantu pemerintah menyiapkan potensi Nasional menjadi kekuatan pertahanan Nasional. 

"Dalam pelaksanaannya, rencana ini tidak bisa dilakukan satu pihak saja, harus ada keterpaduan dengan pemerintah daerah, " ujarnya. 

Pasiintel menjelaskan, hal itu dimaksudkan agar rencana tata ruang pertahanan darat yang berujung terciptanya pangkal pertahanan negara Sishanta, dapat terwujud dengan baik. 

Dengan kata lain, dalam menyiapkan rencana tersebut tercipta keterpaduan antara kepentingan pemerintah daerah dengan kepentingan pertahanan. 

Sementara itu, Kasiter Rem 012/TU Mayor Arh Boy Iswarmen dalam materinya mengatakan, tujuan digelarnya kegiatan tersebut untuk meningkatkan kemampuan Apkowil dalam menyiapkan pembinaan tata ruang wilayah pertahanan darat yang serasi, selaras dan terpadu dengan tata ruang wilayah Kabupaten. 

Pada aplikasinya aparat satuan kewilayahan harus mampu mengenal dan menguasai karakteristik wilayah binaan dengan baik di semua bidang yaitu, bidang geografi, demografi dan kondisi sosial. 

"Bila itu sudah difahami dan dikuasai maka sasaran Kodim 0110/Abdya dalam menyiapkan rencana tata ruang wilayah pertahanan darat yang statis dan dinamis dapat tercapai dengan baik, " tegasnya.

Heripurwanto

Heripurwanto

Previous Article

Operasi Patuh Selawah Resmi Dimulai, Dandim...

Next Article

Dinilai Kendor, TNI di Lembah Sabil Kembali...

Related Posts

Peringkat

Profle

KODIM SURABAYA TIMUR

KODIM 0827 SUMENEP

KODIM 0827 SUMENEP

Postingan Bulan ini: 118

Postingan Tahun ini: 168

Registered: Sep 23, 2021

Kusdiyono

Kusdiyono

Postingan Bulan ini: 77

Postingan Tahun ini: 596

Registered: Feb 23, 2021

Amelia Rizky

Amelia Rizky

Postingan Bulan ini: 75

Postingan Tahun ini: 187

Registered: Jul 10, 2020

KOREM 083BDJ MALANG

KOREM 083BDJ MALANG

Postingan Bulan ini: 73

Postingan Tahun ini: 139

Registered: Sep 18, 2021

Profle

Narsono Son

Puluhan Prajurit Kodim 0701/Banyumas Naik Pangkat
Babinsa Koramil Adimulyo Dampingi Distanak Laksanakan Vaksin Ternak
Sambut HUT TNI Ke 76, Ini Yang Dilakukan PC 0209 FKPPI Labuhanbatu Di Taman Makam Pahlawan 
Danrem 071/Wijayakusuma Bersama Forkopimda Banyumas Ikuti Upacara Peringatan HUT Ke-76 TNI Secara Virtual 

Follow Us

Recommended Posts

Kodim 0104/Atim Gelar Komsos Dengan Komunitas Beladiri
Dua Orang Siswa Taruna Nusantara Asal Langsa Wawancara Dandim 0104/Atim
Babinsa Koramil 15/Plkb Berikan Pendampingan Pada Petani Padi
Pastikan Stok Beras Aman, Babinsa 14/Rtp Sambangi Penggilingan Padi
Babinsa 01/Pnr Jadikan Komsos Sebagai Ajang Silaturahmi dengan Warga Binaan