Danramil Nurussalam Produktifkan Lahan Kosong Jadi Rumah Hijau, Ini Kiatnya

Danramil Nurussalam Produktifkan Lahan Kosong Jadi Rumah Hijau, Ini Kiatnya

Aceh Timur - Dalam rangka mendukung program ketahanan pangan di masa pandemi  Covid-19, Koramil jajaran Kodim 0104/Aceh Timur menggalakkan pembuatan rumah hijau dengan memanfaatkan lahan kosong di seputaran Makoramil.

Hal ini salah satunya dilakukan oleh Koramil 09/Nurussalam binaan Kapten Inf Noverlan. Secara gotong royong anggota Koramil itu menyulap lahan kosong berukuran  5M x 4M menjadi lahan produktif dan kini menjadi percontohan Rumah Hijau.

Ditemui media di lokasi, Kapten Inf Noverlan menjelaskan bahwa rumah hijau disini dimaksudkan pada sebuah bangunan di mana tanaman dibudidayakan. Program tersebut diinovasikan langsung oleh Dandim 0104/Atim Letkol Czi Hasanul Arifin Siregar, S.Sos, M.Tr (Han) telah sukses mengembangkan budidaya tanaman sayuran di pekarangan Makodim.

"Maka dari itu kami jajaran Koramil juga membuat rumah hijau sebagai program ketahanan pangan dalam menyikapi pandemi Covid-19 di wilayah, " ungkap Danramil, Senin (09/11/2020).

Danramil menyebutkan, dalam menyikapi dampak pandemi Covid-19 yang berimbas ke perekonomian rakyat, pihaknya berserta dengan Muspika mendorong geliat masyarakat untuk kembali produktif dalam ketahan pangan.

Dalam hal itu, Danramil menambahkan, Kodim 0104/Atim bukan hanya sekedar mendorong dengan teori semata, melainkan dengan contoh langsung. 

"Salah satu contohnya seperti ini. Memanfaatkan lahan tidur agar menjadi produktif, " tandasnya.

Pantauan, rumah hijau milik Koramil 09/Nurussalam kaya dengan berbagai tanaman sayuran seperti sawi, cabai, tomat, melon dan sebagainya. Rumah hijau tersebut kini menjadi model bagi masyarakat setempat, bahwa lahan kosong di pekarangan rumah bisa dimanfaatkan menjadi lahan produktif dan menghasilkan ekonomi bagi keluarga.

Sumber : Kusdiono | Pendim 0104/Atim