Tingkatkan Perekonomian Warga, Babinsa Sulap Lahan Perkarangan Jadi Kebun Sayur

WARTAMILITER.COM: ACEH SINGKIL - Budidaya tanaman Sayuran tidaklah harus memerlukan lahan yang luas, namun cukup ditanam dalam kemasan bekas atau Polybag.

Sayangnya, selama ini kesadaran masyarakat untuk memanfaatkan lahan pekarangan rumah untuk dijadikan kebun sayur dinilai masih rendah. Masyarakat lebih suka menanam tanaman hias, padahal secara ekonomis tanaman sayuran jauh lebih bermanfaat. 

Kurangnya, pemahaman masyarakat dalam memanfaat lahan Perkarangan untuk menanam aneka sayuran ketimbang tanaman hias di pekarangan rumah merupakan salah satu faktor penyebabnya.

Maka dari itu, Babinsa Koramil 03/Gunung Meriah Kodim 0109/Singkil, Sertu Ali Ansari secara perlahan, mencoba membuat terobosan dengan memberikan pemahaman kepada masyarakat di Desa Blok VI Baru Kecamatan Gunung Meriah, Kabupaten Aceh Singkil yang mana Desa tersebut merupakan Desa binaannya.

Sertu Ali Ansari, dengan perlahan dan pasti ia mengajak warga binaannya untuk mau membudidayakan tanaman sayuran di pekarangan rumah. Langkah ini akhirnya berbuah manis.

Sejumlah pekarangan warga sudah mulai berubah menjadi tempat penanaman bermacam sayuran.

Dibawah binaan Babinsa bekerja sama dengan Penyuluh Pertanian Lapangan( PPL ) warga yang selama ini hanya menanam tanaman hias di pakarang, kini telah mulai membudidayakan Cabai, Sawi, Tomat, Kangkung, Kacang Panjang dan Terong.

Bukan hanya itu, masyarakat juga ikut  membudidayakan ikan lele dengan menggunakan media terpal juga mulai menghiasi pekarangan rumah-rumah warga di Desa blok VI baru.

Budidaya sayuran di pekarangan rumah dipilih oleh Babinsa, lantaran sayuran sangat penting untuk dikonsumsi sehari - hari sebagai serat dan nutrisi bagi tubuh manusia, jika kekurangan serat dan nutrisi maka metabolisme dalam tubuh akan terganggu dan berakibat buruk bagi kesehatan. [Jamal]