Cegah Penyebaran Corona, TNI di Abdya Kolaborasi Buat Disenfektan

heripurwanto, 24 Mar 2020, PDF
Share w.App T.Me
INDONESIASATU.CO.ID:

Abdya-  Personel Kodim 0110/Abdya bersama gabungan Polri, Satpol PP, Tagana, PMI dan Dinas Kesehatan Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) bersinergi melakukan sosialisasi pencegahan penyebaran covid-19 di kawasan pusat kota Blangpidie, Senin (23/3/2020).

Kegiatan tersebut diawali dengan sosialisasi cara pembuatan Disenfektan dari Kasi P2PM Dinkes Abdya Edi Muksin, SKM, di halaman Makoramil 01/Blangpidie Kodim 0110/Abdya.

"Iya terlebih dahulu kami berikan tutorial cara pembuatan cairan Disenfektan," ungkap Edi.

Tanpa menyebutkan merk dagang, Edi menerangkan cairan Disenfektan dibuat dari bahan dasar pemutih pakaian dan cairan pembersih kuman kamar mandi. Dari hasil penelitian cairan tersebut mengandung zat kimia dan bisa membunuh virus covid-19.

Di tempat yang sama, Dandim 0110/Abdya Letkol Czi M Ridha Has, S.T., M.T. menuturkan, kegiatan tersebut digelar dalam rangka upaya mencegah penyebaran virus corona terutama di wilayah Aceh Barat Daya.

"Saya update data terakhir dari Dinkes Aceh (dinkes.acehprov.go.id), covid-19 di Aceh sudah mulai menyebar. Alhamdulillah hingga saat ini untuk Abdya belum ada (nihil)," sebutnya.

Namun demikian, jelas Dandim, kondisi tersebut belum bisa dipastikan aman, karena penyebaran virus corona cepat dan tidak terdeteksi, bisa menyerang ke semua orang. Maka dari itu untuk mengantisipasi hal tersebut dilakukanlah kegiatan gabungan sosialisasi pencegahan covid-19 dengan harapan masyarakat bisa melakukan upaya pencegahan secara mandiri.

"Di samping terus berdoa, mari kita sama-sama bersinergi, bahu membahu mencegah penyebaran virus corona. Karena tugas ini bukan hanya milik Dinkes saja, semua orang harus peduli dan berperan. Tetap waspada dan jangan panik," ujarnya.

Pantauan, usai praktek pembuatan disenfektan sebagian petugas gabungan melakukan penyemprotan di komplek Asmil Kodim, dan mesjid Jamik Teuku Peukan. Bersamaan dengan itu, sebagian dari petugas gabungan Babinsa dan Babinkamtibmas berkeliling menyerukan sosialisasi cara pencegahan covid-19, mulai dari jalan protokol hingga pasar. Kegiatan kemudian diakhiri dengan penempelan selebaran sosialisasi pencegahan virus corona di sejumlah titik keramaian kawasan Blangpidie.

PT. Jurnalis Indonesia Satu

Kantor Redaksi: JAKARTA - Jl. Terusan I Gusti Ngurah Rai, Ruko Warna Warni No.7 Pondok Kopi Jakarta Timur 13460

Kantor Redaksi: CIPUTAT - Jl. Ibnu Khaldun I No 2 RT 001 RW 006 Kel Pisangan Kec Ciputat Timur (Depan Kampus UIN Jakarta)

+62 (021) 221.06.700

(+62821) 2381 3986

jurnalisindonesiasatu@gmail.com

Redaksi. Pedoman Siber.
Kode Perilaku.

Mitra Kami
Subscribe situs kami
Media Group IndonesiaSatu