Babinsa Koramil 04/Simpang Kanan Berikan Materi Wawasan Kebangsaan Kepada Pelajar SMA

INDONESIASATU.CO.ID:

ACEH SINGKIL - Babinsa Koramil 04/Simpang Kanan Kodim 0109/Singkil Serka Mufadil Ramin, memberikan pembekalan bela negara kepada para pelajar Sekolah Menegah Atas (SMA) Negeri 1 Simpang Kanan, Kabupaten Aceh Singkil. Jum'at (12/01/2018).

Program wawasan kebangsaan merupakan bentuk kepedulian TNI dengan guru untuk meningkatkan pengetahuan dan rasa kecintaan para pelajar terhadap Nusa dan bangsa. 

Kegiatan ini Babinsa ikut bekerja sama dengan tenaga pengajar dalam memberikan pengetahuan untuk bekal di masa depan, salah satunya yang berkenaan dengan materi Bela Negara.

Berdasarkan arahan dari Komando Atas, Komandan Kodim (Dandim) 0109/Singkil, Letkol Kav Kapti Hertantyawan, S.H telah menginstruksikan kepada para Danramil jajaran untuk memerintahkan Babinsa guna memberikan pemahaman kepada para generasi muda tentang sejarah dan menumbuhkan rasa cinta kepada tanah air, bangsa dan negara Indonesia.

Hal itu dilakukan demi tercapainya suatu pemuda dan pemudi yang mengerti mana yang baik dan mana yang buruk tentang bahaya Laten Komunis dan pemahaman tentang sejarah bangsa Indonesia. Pada kesempatan itu, Babinsa Desa Lipat Kajang, Serka Mufadil Ramin dalam materinya ikut memberikan arahan kepada para pelajar untuk bisa lebih menonjol dibidang prestasi dan lebih mengerti tentang wawasan kebangsaan.

Sehingga kedepannya ini, para pelajar tersebut menjadi pemuda pemudi harapan bangsa yang tangguh dan ber iman kepada Tuhan YME. Selain itu, Ia juga memberikan arahan tentang sejarah berdirinya Negara ini yang penuh perjuangan pahlawan yang telah berkorban jiwa, raga dan harta benda.

"Jadi dibandingkan dengan jaman sekarang yang bisa kita lakukan adalah dengan mengisi kemerdekaan yaitu dengan tidak melakukan pelanggaran hukum dan berbuat demi kebaikan menjadi manusia yang bermanfaat bagi masyarakat, bangsa, dan negara. Dan bagi yang berminat bisa mendaftar menjadi TNI setelah lulus nanti", sebutnya.

Selain itu, kegiatan itu juga bertujuan untuk memupuk atau mengulang pelajaran yang telah terlupa atau menambahkan pemahaman para pelajar, sehingga mereka lebih pandai dan memiliki bekal di masyarakat atau untuk menggapai cita-citanya.

Sebagai babinsa khususnya TNI pada umumnya sebagai ujung tombak Satuan Teritorial yang berada langsung di tengah masyarakat diharapkan dapat mengurangi Permasalahan pemuda yang sudah dalam taraf darurat Narkoba dan dapat menjadi panutan masyarakat yang ada di wilayah binaannya dengan selalu berpedoman pada Pancasila dan Undang-Undang 1945.

Terpisah, Kepala Sekolah SMU Negeri 1 Simpang Kanan, Saptini menyampaikan ucapan terima kasih yang sebesar besarnya kepada Kodim, Koramil dan Babinsa khususnya yang telah memberikan pemahaman kepada generasi muda terutama kepada para pelajar sehingga para pelajar dapat memahami tentang wawasan kebangsaan.

"Wawasan kebangsaan ini sangat penting dan sangat bermanfaat kepada para pelajar, hal tersebut guna menghindari para pelajar untuk tidak terpengaruh terhadap organisasi-organisasi terlarang," sebut Saptini. [Jamaluddin]

  • Whatsapp

Berita Terpopuler

Index Berita