Abrasi Sungai Cikaso, Dua Rumah di Ciamis Hanyut Terbawa Arus

INDONESIASATU.CO.ID:

CIAMIS - Sebanyak dua rumah di Blok Cibadak, Dusun Sukapura, RT 24, RW 06, Desa Cikaso, Kecamatan Banjaranyar, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, hanyut karena tergerus arus Sungai Cikaso yang meluap. 

"Rumah yang terkena dampak bencana tersebut yaitu milik Bapak Sukirman dan Bapak Randi," ungkap Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Ciamis Ani Supiyani, ST., M.Si., saat ditemui dilokasi bencana, Senin (16/10).

Ani, menjelaskan peristiwa tersebut bermula ketika debit Sungai Cikaso, meningkat tajam sejak wilayah didaerah tersebut diguyur hujan deras sejak Senin dini hari hingga siang. Awalnya, hanya satu rumah yang tergerus arus, namun melebar mengenai satu rumah yang berada didepannya, serta posisinya sama berada di bantaran Sungai Cikaso.

"Dua rumah kini sudah hanyut, sedangkan sisanya ada sekitar 12 rumah dilokasi tersebut yang terancam, dan sudah kami intruksikan untuk mengungsi ke tempat yang lebih aman," jelas Ani

Ani, mengatakan langkah yang dilakukan pihak BPBD Kabupaten Ciamis, saat ini yaitu mengungsikan para korban ketempat yang lebih aman, melakukan pendataaan kerugian yang diakibatkan oleh bencana tersebut dan memberikan  sejumlah bantuan logistik kepada para keluarga korban bencana. Bantuan yang diberikan BPBD Kabupaten Ciamis, berupa perlengkapan mandi, masak, tikar, selimut, makana siap saji, dan mie instan.
 
Terpisah, salah seorang keluarga korban abrasi Sungai Cikaso, Sukirman, mengatakan dirinya yang tinggal bersama istri dan anaknya tersebut, untuk sementara waktu akan tinggal di rumah milik tetangganya, sambil berfikir untuk mencari tempat tinggal yang lebih aman. 
Sukirman, mengaku cukup terkejut tiba-tiba air Sungai Cikaso, kembali meluap dan menggerus rumah permanen miliknya yang dibangun sekitar Tahun 1990 lalu. 

"Rumah dan tanah semuanya hanyut terbawa arus Sungai Cikaso, kerugian ditaksir sekitar Rp. 120 juta rupiah"
Sukirman, berharap keluarganya bersama keluarga lainnya yang menjadi korban abrasi luapan Sungai Cikaso ini, segera mendapatkan bantuan dari Pemerintah Kabupaten Ciamis. Agar secepatnya bisa kembali membangun rumah, sebagai tepat tinggal dan berteduh para anggota keluarga. Tandasnya (Baehaki Efendi). 
 

Index Berita